Bisnis Online Modal Dengkul


Terkadang tidak semua orang punya modal uang yang cukup untuk memulai berbisnis dari internet. Tak sedikit orang yang mengurungkan niat meng-onlinekan bisnisnya karena takut rugi secara finansial. Untuk itulah terkadang banyak orang yang mencari alternatif gratis untuk membantunya memulai bisnis online. Nah di artikel ini kami akan mengupas mengenai bisnis online modal dengkul. Namun yang perlu digaris bawahi tidak ada bisnis tanpa modal (modal itu bukan cuma uang lho, kemampuan, dukungan, niat itu adalah modal awal yang wajib dimiliki). Di artikel ini kami akan mencoba memberi beberapa alterantif bagi Anda yang ingin berbisnis online dengan modal dengkul dulu. Mulai dari membuat website, promosi bisnis, dan lain sebagainya. Bagaimana caranya?


Mencari Ide Bisnis
Sebelum mulai berbisnis jelas Anda butuh ide. Mungkin saja sebagian dari Anda ada yang masih belum punya ide bisnis. Untuk itu mungkin sedikit uraian ini bisa membantu.Di internet ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk mencari ide bisnis, misalnya Google Keyword Tool, Google Trends, dan beberapa lainnya.
Jika Anda butuh inspirasi untuk mencari ide bisnis maka artikel http://www.linggau-blogservice.com/4-cara-inspiratif-menentukan-ide-bisnis / bisa menjadi inspirasi :)
Membuat Website Modal Dengkul
Ada yang bilang bisnis internet itu sangat membutuhkan website. Namun tidak sepenuhnya benar. Banyak orang yang bisa sukses berbisnis online tanpa website. Misalnya dengan memanfaatkan Facebook dan Twitter. Hanya saja dengan adanya website maka akan banyak sektor bisnis Anda yang bisa terbantu.
Melihat pentingya website, maka memang banyak orang yang mengira bisnis internet itu harus punya website. Untuk bisa punya website, bukanlah perkara sulit, namun masih banyak orang yang belum punya website sendiri. Untuk bisa punya website, ada dua hal yang bisa Anda lakukan. Pertama, membayar jasa web designer untuk membuatkan website Anda atau mendesain dan membuat sendiri website Anda.
Opsi pertama, memang bukanlah solusi terbaik bagi orang yang mau berbisnis online modal dengkul. Untuk itu tidak ada cara lain selain membuat website sendiri. Untuk bisa membuat website tidaklah sulit, apalagi sekarang sudah banyak buku penuntun pembuatan website (misalnya buku http://www.javacreativity.com/2010/05/master-of-3-joomla-wordpress-auracms.html).
Dan yang lebih hebatnya lagi Anda bisa membuat website yang keren dan canggih dari sebuah blog yang dibuat di WordPress.com atau dari Blogger.com. Sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak bisa punya website sendiri saat ini.
Gimana domain dan hostingnya?
Domain atau alamat website memang sangat diperlukan. Namun Anda tidak perlu kuatir sebab ada banyak domain gratisan yang bisa Anda pakai untuk membuat website, misalnya layanan dari
•    www.co.cc
•    www.dot.tk
Untuk hosting Anda tidak perlu kuatir, sebab ada banyak penyedia hosting gratis di internet. Contohnya :
•    www.000webhost.com
•    www.idhostinger.com
Gimana? Bisa kan kalau mau buat website modal dengkul?
Gimana Promosi Modal Dengkul?
Promosi di internet tidak harus bayar lho ^_^ Anda hanya perlu membayar biaya listrik dan  koneksi internet saja. Ada banyak cara promosi gratis di internet. Misalnya :
  • Rajin berkomentar dan menyertakan link Anda di blog/situs lain. Tapi jangan sampai SPAM ya :)
  • Manfaatkan layanan iklan gratis. Anda bisa cari di Google.
  • Promosikan lewat Facebook dan Twitter. Jika Anda butuh panduan promosi bisnis lewat Facebook dan Twitter silakan baca buku yang berjudul Buku Pintar Facebook dan Twitter Marketing (bisa dibeli di : http://www.bukukita.com/Komputer-dan-Internet/Internet/100865-Buku-Pintar-Facebook-&-Twitter-Marketing.html).
  • Promosikan bisnis Anda lewat ebook, menjadi penulis blog/situs lain dan lain sebagainya.

Memperluas Jaringan
Anda juga bisa memperluas jaringan di bisnis internet, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan berbagai forum jual beli yang ada di internet. Contoh forum jual beli di internet misalnya :
•    www.tokobagus.com
•    www.yoogho.com
•    www.multiply.com

Ketiga situs di atas memberi layanan gratis sehingga akan sangat membantu Anda yang ingin berbisnis online modal dengkul.Nah terbukti kan bisa memulia bisnis online modal dengkul? Mudah-mudahan sharing ini bisa bermanfaat. Semoga menginspirasi ya :) Ingin konsultasi seputar bisnis online? Hubungi saja saya di gmjefferly07@gmail.com :)

By : Jefferly

Posting Komentar